ANALISA PERBANDINGAN ANTARA PERILAKU KONSUMEN AKHIR DENGAN PEDAGANG PENGECER TERHADAP ATRIBUT PADA TOKO LARIS KARTASURA

Penulis

  • Sri Biyanti UNIBA Surakarta
  • Afiefah Sulistyowati STP Sahid Surakarta
  • Denny Asmara STP Sahid Surakarta

Abstrak

Dari hasil dari observasi dan wawancara bahwa perilaku konsumen baik konsumen akhir maupun pedagang pengecer dalam memutuskan berbelanja di Laris Kartasura dipengaruhi oleh  harga yang bersaing dengan swalayan yang lain, layout yang menarik, kenyamanan dalam berbelanja, tersedianya tempat parkir yang luas, kelengkapan produk yang memudahkan  berbelanja berbagai macam kebutuhan dalam satu tempat, dan pelayanan yang ramah  dari para pegawai  serta lokasi yang mudah dijangkau oleh konsumen. Berdasarkan hal itu maka dilakukan penelitian dengan tujuan mengevaluasi keterkaitan antara perilaku konsumen terhadap atribut produk yang ditawarkan di Toko Laris Kartasura dan menganalisa serta membandingkan perbedaan sikap antara konsumen akhir dengan  pedagang pengecer dalam belanja di Toko Laris Kartasura.

Analisis data dalam penelitian yang  digunakan untuk pengujian hipotesis adalah  Chi Squre dan  Mann-Whitney. Populasi dalam penelitian ini adalah  semua konsumen  yang sedang berbelanja di Toko Laris Kartasura. Berdasarkan hasil penelitian tentang keterkaitan antara perilaku konsumen dengan atribut yang ditawarkan dari hasil analisis Chi Square (c2) menunjukkan bahwa seluruh atribut di toko Laris Kartasura mempunyai keterkaitan hubungan yang signifikan dengan keputusan konsumen dalam berbelanja di toko Laris Kartasura (p < 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa atribut produk Toko Laris Kartasura mampu memberikan pengaruh terhadap keputusan konsumen dalam berbelanja di Toko Laris Kartasura, sehingga H1  atau hipotesa pertama terbukti. Dan hasil analisis Mann-Whitney menunjukkan bahwa seluruh atribut di toko Laris Kartasura ada perbedaan sikap antara konsumen akhir dengan pedagang  pengecer dalam berbelanja di toko Laris Kartasura (p < 0,05). Hal ini menunjukkan ada perbedaan sikap antara konsumen akhir dan  pedagang pengecer dalam berbelanja di toko Laris Kartasura, sehingga H2 atau hipotesa kedua terbukti.

Kata kunci : Atribut toko Laris, konsumen akhir dan Pedagang Pengecer

Diterbitkan

2025-02-15

Terbitan

Bagian

Articles