PENGARUH FLASH SALE, CASHBACK DAN SUBSIDI ONGKOS KIRIM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI APLIKASI SHOPEE
Abstrak
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Flash Sale, Cashback dan Subsidi Ongkos Kirim secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Shopee. Variabel yang paling dominan mempengaruhi keputusan pembelian pada Aplikasi Shopee kalangan Muda – Mudi di Dukuh Krebet. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari penyebaran kuesioner yang dibagikan kepada 50 responden. Teknik analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji regresi linier berganda, uji hipotesis, uji simultan dan uji koefisien determinasi (R2) dengan menggunakan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel Flash sale dan Subsidi Ongkos kirim berpengaruh positif terhadap dan pengaruh parsial yang signifikan. terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Shopee dengan nilai variabel Flash Sale (3,310>1,679) dengan nilai signifikansi sebesar 0,002 (0,002<0,05) dan variabel Subsidi Biaya Pengiriman (5,888>1,679) dengan nilai signifikansi sebesar 0,000 (0,000<0,05 ). Variabel Cashback tidak berpengaruh secara parsial terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Shopee dengan nilai sebesar (-4,339< ttabel 1,679) dan nilai signifikan sebesar (0,000<0,05). Variabel Flash Sale, Cashback dan Subsidi Ongkos Kirim secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian pada Aplikasi Shopee dengan nilai sebesar (0,000<0,05). Berdasarkan hasil analisis regresi linier berganda diketahui bahwa Subsidi Pengiriman mempunyai pengaruh yang relatif besar dibandingkan variabel lainnya, dengan nilai sebesar 0,581. Kata Kunci : flash sale; cashback; subsidi ongkos kirim; keputusan pembelianUnduhan
Diterbitkan
2025-01-07
Terbitan
Bagian
Articles
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.