Pengaruh Harga, Kualitas Pelayanan Elektronik, dan Strategi Pemasaran Terhadap Peningkatan Volume Penjulan UMKM "Daster Masakini" di Karanganyar (Studi Kasus Pada Penjualan Daster Pada e-Commerce Shopee
Abstrak
Studi ini bertujuan untuk mengetahui variabel Harga (X1), Kualitas Pelayanan Elektronik (X2), dan Strategi Pemasaran (X3) yang mempengaruhi Peningkatan Volume Penjualan (Y) UMKM Daster Masakini di Karanganyar. Penelitian ini menggunakan regresi linier berganda yang dianalisis menggunakan software IBM SPSS 25, adapun persamaan regresi yang diperoleh adalah Y = 0,036 + 0,231 X1 + 0,316 X2 + 0,346 X3 + e. Data yang digunakan adalah data primer dengan menggunakan seluruh populasi dengan jumlah responden sebanyak lima puluh dua diteliti di e-commerce shopee UMKM Daster Masakini. Hasil temuan menunjukan bahwa variabel Harga (X1) thitung (1,773) ttabel < (2,011), hipotesis ditolak yang berarti tidak terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Y) UMKM Daster Masakini di Karanganyar. Kualitas Pelayanan Elektronik (X2) thitung (2,911) ttabel > (2,011), hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Y) UMKM Daster Masakini di Karanganyar. Strategi Pemasaran (X3) thitung (2,793) ttabel > (2,011), hipotesis diterima yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Y) UMKM Daster Masakini di Karanganyar. Hasil uji F diketahui bahwa nilai F hitung (36,770) > F tabel (3,191), hipotesis ditolak yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variabel Harga (X1), Kualitas Pelayanan Elektronik (X2), dan Strategi Pemasaran (X3) terhadap Peningkatan Volume Penjualan (Y). Dari keempat variabel bebas yang dominan adalah Strategi Pemasaran (X3) dimana nilai beta yang paling besar yaitu sebesar 0,346, sehingga dapat dikatakan bahwa variabel strategi pemasaran memiliki pengaruh yang paling dominan terhadap peningkatan volume penjualan UMKM Daster Masakini di Karanganyar.
Kata Kunci : Harga (X1), Kualitas Pelayanan Elekroinik (X2), dan Strategi Pemasaran(X3) dan Peningkatan Volume Penjualan (Y)
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.