PENGARUH DESAIN PRODUK, PROMOSI, DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPTSAN PEMBELIAN SPREI DI ZERUN HOMEDECOR KLATEN
Abstract
NITA SAFITRI, Skripsi, Pengaruh Desain Produk, Promosi, dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Sprei di Zeroun Homedecor Klaten, Program Studi Manajemen Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) Wijaya Mulya Surakarta, 2024.Kata Kunci : desain produk, promosi, online customer review
Skripsi ini menggunakan penelitian kuantitatif dan menggunakan metode pengumpulan data yaitu kuesioner. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah Uji validitas, uji reliabilitas, analisis regresi linier berganda, uji parsial (uji t), uji signifikan simultan (uji F) dan koefisien determinasi (R²).
Fokus pada penelitian ini adalah : 1) Apakah desain produk berpengaruh terhadap keputusan pembelian sprei di Zeroun Homedecor Klaten, 2) Apakah promosi berpengaruh terhadap keputusan pembelian sprei di Zeroun Homedecor Klaten, 3) Apakah online customer review berpengaruh terhadap keputusan pembelian sprei di Zeroun Homedecor Klaten, 4) Apakah desain produk, promosi, dan online customer review berpengaruh secara bersama-sama pada keputusan pembelian sprei di Zeroun Homedecor Klaten.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah desain produk, promosi, dan online customer review memiliki pengaruh secara simultan dan parsial dalam proses keputusan pembelian sprei di Zeroun Homedecor Klaten, dan juga diantara ketiga variabel tersebut, variabel mana yang berpengaruh paling dominan terhadap variabel terikatnya (keputusan pembelian).Hasil dari penelitian yang didapatkan menggunakan uji t dan uji F adalah sebagai berikut: 1) Secara parsial terdapat pengaruh antara Desain Produk, Promosi, dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Sprei di Zeroun Homedecor Klaten. Hal ini dibuktikan dengan nilai pada hasil uji t yang menunjukkan bahwa Desain Produk ( ) memiliki nilai  2,024 >  1,679 dan Sig. 0,049 < α 0,05 maka dinyatakan  ditolak,  diterima. Promosi ( ) memiliki nilai  2,167 >  1,679 dan Sig. 0,035 < α 0,05 maka dinyatakan  ditolak,  diterima. Online Customer Review ( ) memiliki nilai  4,330 >  1,679 dan Sig. 0,000 < α 0,05 maka dinyatakan  ditolak,  diterima. 2) secara simultan terdapat pengaruh antara Desain Produk, Promosi dan Online Customer Review terhadap Keputusan Pembelian Sprei di Zeroun Homedecor Klaten. Hal ini dibuktikan dengan nilai pada hasil uji F yang menunjukkan bahwa Desain Produk ( ), Promosi ( ), dan Online Customer Review ( ) memiliki nilai  29,125 >  2,81 dan Sig. 0,000 < α 0,05 maka dinyatakan  ditolak,  diterima.References
Anandya, Rizky. (2015). Analisis Pengaruh Desain Produk, Persepsi Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Citra Merek Untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Sepatu Adidas Original (Studi Kasus pada Masyarakat di Kota Semarang).
Ardianti, A. N., & Widiartanto, W. (2019). Pengaruh Online Customer Review dan online customer rating terhadap keputusan pembelian melalui marketplace Shopee.(Studi pada mahasiswa aktif FISIP Undip). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 8(2), 55-66.
Bagas Aji Pamungkas, S. Z. (2016). PENGARUH PROMOSI DI MEDIA SOSIAL DAN WORD OF MOUTH TERIIADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA KEDAI BONTACOS, JOMBANG). Jurnal Komunikasi, Volume X, Nomor 2, September 2016, 144-158.
Barbara Bickart, R. M. (2001). Internet forums as influential sources of consumer information. Journal of Interactive Marketing Volume 15, Issue 3, 2001, Pages 31-40.
Cheol Park a 1, T. M. (2009). Information direction, website reputation and eWOM effect: A moderating role of product type. Journal of Business Research Volume 62, Issue 1, January 2009, Pages 61-67.
Desak Made Febri Purnama Sari, M. (2020). PERCEIVED PRICE, PRODUCT DESIGN DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP PURCHASE INTENTION PADA PRODUK WARDAH DI MARKETPLACE SHOPEE MALL. Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis Volume 5, No. 1, Juni 2020, 81-89.
Dzulqarnain, I. (2019). Pengaruh Fitur Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Marketplace Shopee.
Farhan, Muhammad Yusuf. (2015). Analisis Pengaruh Citra Merek, Desain Produk, & Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Konsumen Produk Nike Indonesia).
Fitriani Latief, N. A. (2020). PENGARUH ONLINE COSTUMER REVIEW DAN CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUKKOSMETIK DI SOCIOLLA. Jurnal Mirai Management Volume 6 No.1 2020, 139-154.
Ginting, G. S. (2022). The Influence of Online Customer Review and Perceived Quality Toward Customer Purchase Decision at Lazada Online Retail Company. Jurakunman.Vol.15 No.1 , Januari 2022 , 1-19.
Hsu, C., Chuanâ€Chuan Lin, J. and Chiang, H. (2013), "The effects of blogger recommendations on customers’ online shopping intentions", Internet Research, Vol. 23 No. 1, 69-88.
Immanuel2, A. B. (2020). PENGARUH DESAIN PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN BOCA BOOTH. Jurnal Manajemen dan Start-Up Bisnis Volume 4, Nomor 6, Februari 2020, 944-952.
Made Laksmi Saraswati, A. P. (2015). PENGARUH DESAIN PRODUK, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA KAMPUNG BATIK WIRADESA, KABUPATEN PEKALONGAN. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis Jurusan Ilmu Administrasi Bisnis Universitas Diponegoro , 1-10.
Made Tiya Yogi Suari, N. L. (2019). PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN DESAIN PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN. Jurnal Manajemen, Vol. 5 No. 1, Maret Tahun 2019, 26-33.
Mangkunegara, A.A. Anwar Prabu. (2019). Perilaku konsumen. Bandung : Refika Aditama.
Maria Agatha Sri Widyanti Hastuti, M. A. (2020). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi pada Pemilihan Tempat Kos Mahasiswa di Tulungagung). Vol. 8 No. 2 , September 2020, 99-102.
Mursid, M., 2006, Manajemen Pemasaran, Cetakan ke Empat, Jakarta : PT Bumi Aksara.
Mursid. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Bumi Aksara.
N. DANE, I. S. (2013). Analisis Pengaruh Biaya Promosi Terhadap Nilai Penjualan Produk Pada UD. Kopi Bali Banyuatis, Singaraja. Jurnal Manajemen Agribisnis Vol. 1, No. 1, Mei 2013, 1-15.
Permana, D. I. (2017). Pengaruh Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Lantai Kayu dan Pintu PT. Piji Di Jawa Timur. Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis, 2(1), 116-123.
PUTRI, M. (2021). PENGARUH ONLINE CUSTOMER REVIEW DAN ONLINE CUSTOMER RATING TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI LAZADA DI KECAMATAN RUMBIO JAYA.
Rianty Buana Pertiwi, Y. R. (2020). Pengaruh Desain Produk, Kualitas Produk Dan Harga Kompetitif Terhadap Keputusan Pembelian Sandal Wanita Merek Cardinal Di Wilayah Kota Bandung. Jurnal Sain Manajemen,Vol. 2 No. 2 September 2020, 1-9.
Riska Sari Melati, R. D. (2020). PENGARUH HARGA DAN ONLINE CUSTOMER REVIEW TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN CASE HANDPHONE PADA MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Surabaya). Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), Volume 8 No 2 Tahun 2020, 1-7.
Risya Ramadhana, M. F. (2022). Pengaruh Online Customer Review Terhadap Keputusan Pembelian Pada Marketplace. Seminar Nasional (PROSPEK I) “Digital Learning Merdeka Belajar Kampus Merdeka:Strategi dan Inovasi Pembelajaran†18 Januari 2022 , 157-165.
Sachari, Agus, and Yan Yan Sunarya. "Tinjauan Desain." Penerbit Institut Teknologi Bandung. Tanpa tahun (2000).
Sangadji, E.M. & Sopiah, MM. (2016). Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Solihin, D. (2020). Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Online Shop Mikaylaku Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. JURNAL MANDIRI: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi, Vol. 4, No. 1, Juni 2020: 38 - 51.
STIE Wijaya Mulya Surakarta. 2020, Pedoman Penulisan Skripsi. Surakarta
Tjiptono, F. (2020). Strategi pemasaran: prinsip dan penerapan. Yogyakarta: Andi.
Yanuar, S. D. (2016). Pengaruh Celebrity Endorser dan Desain Produk Terhadap Citra Merek dan Dampaknya Pada Keputusan Pembelian Produk Merek Bloods Industries Bandung (Survey pada Konsumen BLOODS INDUSTRIES Bandung), 18-67.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 JURNAL WIRANOMIKA

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.